Cara Memperbaiki TV SHARP Protek


Cara mengatasi TV SHARP Protect

Berikut ini saya akan berikan beberapa tips perbaikan tv sharp. Misalnya TV Sharp UNIVERSE yg menggunakan IC TDA9381 / IX 3368. TV ini menggunakan system proteksi. Berikut adalah macam2 kerusakannya

1. Tekan tombol, led berwarna hijau kemudian kembali merah/standby. Dikarenakan flyback tidak bekerja, biasanya karena Flyback rusak atau tidak bekerjanya Horizontal oscilator, ada tegangan 5V yang hilang untuk suply Hor OSC.

2. Tekan tombol led berwarna hijau dan ada suara Flyback bekerja tapi tv tidak nyala malah lampu led kembali merah dan berkedip. Biasanya kerusakan pada data EEPROM biasanya pada setting Bahasa/ Language. Umumnya Setting semua bahasa di parameter diberi nilai 0.

3. Tekan tombol led berwarna hijau dan sepertinya TV akan menyala tetapi tv kembali standby dan led berwarna kuning dan berkedip. Masih kerusakan pada data. LED F beri nilai 0.

4. Tekan tombol TV hidup ada gambar kemudian kembali standby. Disebabkan ada tegangan yang awalnya normal kemudian drop dikarenakan komponen yg short atau bocor. Contohnya Dioda Zener 5v yg terhubung dengan dengan SDA dan SCL. Dan ada satu dioda zener juga di dekat flyback yg terhubung dg Heater dan tegangan 12v output inverter.

5. Power suply tidak bisa start / standby walau sudah ditekan power on. Disebabkan karena tidak ada tegangan power on dari IC program untuk umpan ke TR switch Power suply karena tegangan di IC program lemah / drop. Ganti Elco 16V47UF dan 6.5V100UF pada IC suply 3.7V. Masalah seperti ini juga sering terjadi karena Elco 160V220UF sudah melemah/kering.

6. Kerusakan pada bagian Vertical seperti IC koslet atau hilang tegangan. R 33 ohms untuk tegangan 40v untuk suply IC vertikal sering panas dan terbakar disebabkan karena C -/+ 1n5 atau 2n2 dan R 1K8 smd bypass ke ground kendor atau putus pada kaki 1 dan 2 IC Vertical, gejala ini juga disertai dengan tidak munculnya gambar/raster.

7. TV menyala tapi tidak ada gambar hanya ada OSD, ada jalur Video yang putus yang melewati rangkaian horizontal biasanya karena PCB hangus.

8. Suara Gemeresek dikarenakan system suara BG rusak. Ganti IC eeprom samakan datanya, di parameter BG diberi nilai 1. Untuk yang menggunakan IC Suara AN5891 pada parameter harus di beri nilai 1 karena bila tidak tv akan kehilangan suara. Untuk yang tidak menggunakan diberi nilai 0.

9. Pada TV Sharp yang menggunakan Power suply STR W6753 / W6754 jarang sekali protek. Kerusakan sering terjadi pada STR tsb. Tanda2nya TV sedang ditonton tiba-tiba mati total kemudian ditekan lagi tombol tv hidup kembali dan tidak lama kemudian tv akan mati lagi apalagi bila ada gambar yg sangat terang. Ini terjadi karena power suply drop karena STR sudah melemah. demikian semoga bermanfaat

Tv SHARP 14S20D2.
(Menggunakan IC IX 245 wjn4)
Kerusakannya kalau tombol menu/preset di teken tv nya jadi mati protect.tau kan beda nya protec sama kerusakan mati stby? Kalau protect tv tidak bisa di onkan lewat remote/tombol ch+ atau ch- ,tapi kalau mati stby bisa di on kan dari tombol ch atau dari remote.

1.Problem kalau di tekan tombol menu/preset tv jadi mati protect
Penyebab pin protect pin63 ic ix 245 tidak terhubung ke rangkaian protect.
solusi hubungkan pin 63 ke rangkaian protec bila terputus.
2. Problem tdk ada warna /hitam putih
penyebab ic ix 245 kualitas solder nya kurang bagus .
solusi lepas dulu ic chips ix 245 lalu bersihkan pcb nya dengan tiner terlebih dahulu ,lalu pasang kembali ic ix 245 nya kembali

Menu Servis Mode:

Untuk mengatasinya masuk service mode dengan cara : posisi mati power utama OFF. tekan dan tahan tombol Vol- dan Prog+ sambil dinyalakan tv nya melalui tombol utama.

Pesawat sudah posisi service mode, tekan2 menu smpai muncul tulisan Menu yang hendak di Edit, lalu gunakan tombol panel untuk memilih posisi yang di kehendaki misalnya  pilih "0"(nol) jika ingin me-non aktifkan dan 1 jika tidak.Dan tekan2 menu agar berpindah ke menu yg lain.

Jika ada diantara sobat semua yang punya pengalaman tentang servis tv, gak ada ruginya jika kita saling berbagi kepada sesama agar ilmu yang kita miliki bisa bermanfaat buat orang banyak, sobat bisa berbagi pada kotak komentar dibawah..thanks,,

SELESAI....

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Servis dengan judul Cara Memperbaiki TV SHARP Protek. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://avome.blogspot.com/2012/09/cara-memperbaiki-tv-sharp-protek.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Mulyadin Dyen -
Comments
8 Comments

8 komentar untuk "Cara Memperbaiki TV SHARP Protek"

  1. assalamualaikum Gan, salam kenal ni...
    Gan mau nanya ni aku dapat servisan tv sharp Alexander model 21DF251E2, menggunakan:
    STR W5453A,
    TR Horizontal TT2140,
    VERTIKAL STV9302B,
    FLYBACK RTRNFA132WJZZ
    Dan IC IXC080WJN4Q.
    permasalahannya: awalnya lampu indikator gak nyala, terus aku ganti tr horzontal nya,dan lampu indikatornya udah nyala, heater nyala juga tp terang nya gk kayak biasa.sekitar 4 detik heater lgs padam dan indikatornya redup.trus jika jumper J497 yg terhubung dengan pin ic nmor 63 dilepas tegangan b+ nya drop(sekitar 78v). permasalahannya apa ya gan...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo permasalahan nya sudah cocok bang,,,,, tinggal solusi nya mau di cari

      Delete
  2. salam kenal jg gan sya jg kadang kadang ngurusi protek sharp gampang susah apa lagi shrp model skarang bnyk skali rrrangkaian aktip proteksi tegangan klu sya sring protek vertikal tapi klu menrt sya coba ukur voltase b+ 115 biasanya klu klnhan agk terang dan jalur heater sharp jg ada rngkaian proteksi

    ReplyDelete
  3. gan mo txa..sya dpt servisn sharp21GXF200MK2
    udh dcoba k CRT laen..
    -ganti soket CRT..
    -ganti Plybck..
    tpi ttap warna warni dlayar..
    -
    mksd sya..kebnyakn warna merh oren..dtengah layarr.
    -
    mohon solusinya gan..?.trim'z

    ReplyDelete
  4. numpang tanya gan..TV sharp alexander slim. awal star warna hitam putih tapi kalo sudah 10 menit baru keluar warna. kira kira ic apa yg lemah?

    ReplyDelete
  5. thanks infonya, sekedar masukan tv lcd rusak blank jg mungkin krn kerusakan papan inverter.

    ReplyDelete
  6. Sharp jadul 14" ketika tombol fi on kan menyala 2 detik terus mati. Kira2 apany ya gan?

    ReplyDelete
  7. Di amankan dulu gan tipsnya terima kasih sudah mau berbagi salam dari Oktora Service

    ReplyDelete

============SYARAT BERKOMENTAR==============
* Berkomentarlah Yang Sopan Supaya Dihargai Orang Lain
* Jangan Membuat Link Hidup Ditengah Komentar
* Komentar Yang Tidak Layak Dan Mengabaikan Hal Diatas Akan Di HAPUS..!!

Followers

Google+ Followers

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2013. Avomedotcom - All Rights Reserved
Blog By : Avomedotcom
Template Editor by DYEN PS | Google+ :Mulyadin.Dyen