Meningkatkan Performance Pada USB Disk Drive

Meningkatkan Performance Pada USB Disk Drive
Teknik ini saya dapatkan dari mas Dhanny Dhuzell
Perhatian:
Tweak ini hanya berlaku untuk USB Storage, macam Flashdisk dan Harddisk Eksternal. Jika anda menghubungkan Harddisk secara langsung menggunakan koneksi IDE/ATA atau juga SATA (di dalam chassing komputer anda), maka Windows akan otomatis mengatur pada performance, dan untuk mencabutnya kita terpaksa harus men-shutdown windows.
Teori:
Secara default USB Disk digolong sebagai Removable Storage atau Removable Disk. Tentu saja perlakuannya berbeda. Jika Fixed Disk, seperti harddisk yang terpasang pada komputer kita, memang dibuat untuk mentransfer data secepat-cepatnya. Namun sangat berbeda jika itu mengenai Removable Disk. Kecepatan transfer data menjadi tidak terlalu penting dibanding dengan kemudahan dalam sifatnya yang removable. Atau dengan kata lain disk harus dengan sangat mudah disambung dan dicabut tanpa mengganggu system operasi.

Namun tentu saja windows masih memberikan opsi bagi kita jika memang membutuhkan performance yang lebih, dengan mengorbankan kemudahan sifat cucuk-cabut (easy removable) itu. Yakni kita tidak bisa sembarangan lagi mencabut flashdisk atau Hardisk External seperti yang biasa kita lakukan sebelumnya.
Mengubah performance FlashDisk atau Harddisk eksternal pada Windows.


Kita harus masuk ke Device Manager. Yakni ketikkan "devmgmt.msc" pada menu > Start > Run >>. Kemudian cari di "Disk Drive" dan seharusnya di situ ada disk USB kita dengan nama biasanya "Generic USB Disk". Klik 2 kali, sehingga muncul, windows properties-nya.
Kemudian pilih Tab "Policies". Dan pilih opsi "Optimize for Performance".

Dengan itu maka transfer rate antara PC dengan USB-Drive kita akan jauh meningkat. Apalagi jika USB yang anda miliki adalah USB v2.0, maka kecepatan seperti kilat
Mencabut Flashdisk atau Harddisk eksternal dari Windows
Karena sudah di-optimis-kan pada kecepatan transfer, maka biasakan untuk me-remove terlebih dahulu sebelum mencabutnyaa dari colokan USB.
Demikian semoga bermanfaat...........!

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tutorial Komputer dengan judul Meningkatkan Performance Pada USB Disk Drive. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://avome.blogspot.com/2013/03/meningkatkan-performance-pada-usb-disk.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -
Comments
1 Comments

1 Komentar untuk "Meningkatkan Performance Pada USB Disk Drive"

============SYARAT BERKOMENTAR==============
* Berkomentarlah Yang Sopan Supaya Dihargai Orang Lain
* Jangan Membuat Link Hidup Ditengah Komentar
* Komentar Yang Tidak Layak Dan Mengabaikan Hal Diatas Akan Di HAPUS..!!

Followers

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2013. Avomedotcom - All Rights Reserved
Blog By : Avomedotcom
Template Editor by DYEN PS | Google+ :Mulyadin.Dyen